Koordinator PWI Malra : Pelatihan & Pra UKW Tingkatkan Kualitas dan Profesionalitas Wartawan

Langgur Mediasaiber. Kegiatan Pelatihan Jurnalistik dan Pra Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang diselenggarakan oleh PWI Kabupaten Maluku Tenggara bertempat di aula kimson senter. Kegiatan tersebut akan berlangsung selama 2 hari mulai tanggal 9 hingga 10 Maret 2023.

Koordinator PWI Kabupaten Maluku Tenggara, Agustinus Buce Rahakbauw diawal sambutan menyampaikan selamat datang kepada bapak Mochtar Touwe selaku Carteker PWI Provinsi Maluku sebagai mentor dalam pelatihan dan Pra UKW. Semoga, dengan kehadiran bapak Mochtar dapat membawah berkah dan perubahan dalam kejurnalisan di Nuhu Evav Tercinta.

Agustinus B. Rahakbauw
Koordinator PWI Kab. Malra

Rahakbauw menjelaskan, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Maluku Tenggara hendaknya mengambil peran dalam memberikan edukasi serta pembinaan kepada wartawan sehingga mereka dapat memahami tentang aturan undang-undang pers dan kode etik jurnalistik.Untuk kemudian, menyuguhkan dan menyajikan informasi yang cerdas dan mendidik. Mengingat, PWI merupakan salah satu sarana penyampaian informasi baik dari pemerintah ke masyarakat maupun sebaliknya di era transformasi media saat ini.

Pers sebagai kekuatan pilar ke empat yang dapat membangun bangsa dan menyuarakan kepentingan rakyat. Peran wartawan sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan pembangunan khususnya di daerah ini. Terutama, perannya dalam membangun bangsa melalui pemberitaan.

Untuk itu, PWI Malra bertekad akan hadir sebagai perekat dan pemersatu insan pers. Mengingat, media atau insan pers sebagai mitra pemerintah dan sebagai modal untuk membangun Nuhu Evav yang dicintai.

“Dengan adanya pelatihan ini, dapat meningkatkan kualitas dan profesionalitas wartawan, menegakan kemerdekaan pers, berdasarkan kepentingan publik, sebagai profesi khusus dan penghasil karya intelektual”jelas Rahakbauw.

Koordinator PWI juga menyampaikan, berdasarkan keputusan musyawarah rapat anggota PWI Maluku Tenggara, telah menetapkan kegiatan pelatihan jurnalistik dan uji kompetensi wartawan (UKW) sebagai kegiatan agenda tahunan. Untuk itu diharapkan adanya dukungan dari Penerintah Daerah baik eksekutif dan legislatif.

Rahakbauw mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah Kabupaten Maluku Tenggara, TNI-POLRI, Pihak Swasta, PWI Propinsi Maluku dan PWI Kota Tual yang dimana turut berpartisipasi untuk mensukseskan kegiatan ini.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Maluku Tenggara, Ir. Petrus Beruatwarin, ketua PWI Kota Tual Abdulah Tusiek, perwakilan polres tual, perwakilan sekda kab. Malra, perwakilan kejaksaan negeri tual, perwakilan PT. Evav Bangun Mandiri dan Peserta Jurnalis Pelatihan jurnalis dan Pra UKW.

(Pewarta : Stev Romkeny)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: